PDA

Pocket PC pada umumnya di kenal dengan PDA (Personal Digital Assistant) diciptakan untuk mnggantikan kinerja notebook.Daya kerja PDA sama dengan notebook yg memiliki Sistem Operasi pada Umumny sperti Pocket Outlook, Pocket Word, Pocket Excel, di dalam PDA juga sudah terdapat wireless modem yg mamungkinkan pengguna untuk mengakses internet di tempat yg menyediakan acces point.Hal yang sama juga bisa dilakukan bila memiliki modem WAN (Wireless Area Network) atau WLAN (Wireless Local Area Network),Mengenai keamanan, teknologi di PDA sama dengan yang ada di komputer, misalnya password, authentication, encryption, application lock down, VPN, personal firewall, dan anti-virus protection. saat ini, PDA yang sudah dilengkapi fingerprint swipe, atau pengenal sidik jari, sehingga Pocket PC hanya bisa dipergunakan oleh sang empunya.

Mengenai penampilannya, bagi Anda yang sering menggunakan komputer berbasiskan Microsoft Windows, maka tampilan PDA pasti tidak asing lagi. Dengan satu tombol “Start”, semua aplikasi Microsoft Office seperti Word, Excel, Outlook dapat dijalankan seperti di komputer Anda. Untuk membaca Web, juga disediakan browser Internet Explorer.Selain aplikasi standar di atas, Pocket PC juga dapat dengan mudah diintegrasikan dengan aplikasi – aplikasi khusus.

TABLET PC

Tablet PC adalah laptop atau komputer portable berbentuk buku. Memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pulpen digital selain keyboard ataupun mouse komputer

Pengguna bisa memasukkan teks mempergunakan program yang mengenali tulisan tangan, keyboard dalam monitor, pengenal percakapan, atau keyboard biasa.Banyak Tablet PC mempergunakan digitaliser, yang menghantarkan masukan posisi pulpen ke komputer dengan cepat.

Tablet PC menggunakan layr LCD sentuh, dapat digunakan untuk menulis dengan tangan menggunakan sejenis pulpen khusus yang disebut stylus. Layarnya pun dapat diputar ke atas dan ke bawah sehingga posisi keyboard menghadap tanah/pangkuan/meja dan posisi layar tidur menghadap keatas. Layar Tablet PC juga dimungkinkan untuk bergerak memutar mirip gerakan orang menoleh, hingga 360 derajat.

SMARTPHONE

Perbedaan dasar Smartphone dengan PDA dan TABLET PC antara lain bentuknya. Smartphone jauh lebih kecil dan lebih ringan dibanding Pocket PC. Ukuran layarnya adalah 176×220 pixel dibandingkan dengan Pocket PC yang berukuran 240×320 pixel dan TABLEt PC 800×600 pixels. Dengan adanya perbedaan tampilan layar, kita bisa menyimpulkan bahwa fungsi utama PDA dan TABLET PC adalah untuk data, sedangkan suara hanya pelengkap.

Sementara Smartphone adalah alat untuk komunikasi suara, namun diperkaya dengan akses informasi data. Untuk fasilitas data, Smartphone dilengkapi dengan Mobile Outlook untuk membaca e-mail dan Mobile Web untuk Internet browsing. Selain dapat menerima panggilan masuk dan SMS, seperti fungsi ponsel pada umumnya, Smartphone juga dapat menerima e-mail, dan juga dapat melakukan real time chatting dengan teman yang sedang online melalui MSN Messenger.

Karena konsep Smartphone adalah ponsel, maka untuk penggunaannya juga lebih mudah. Cukup dengan satu jari dan dua kali tekan, Anda bisa langsung akses ke data yang tersedia. Aplikasi lainnya yang tersedia antara lain Windows Media Player yang membuat Anda bisa memutar file lagu WMA, MP3, ataupun MPEG4, dan berbagai game menarik.

Daftar Pustaka

http://www2.kompas.com/kompas-cetak/0301/16/iptek/85251.htm

http://id.wikipedia.org/wiki/Tablet_PC

Advertisements