Intel 8008 merupakan sebuah microprocessor terdahulu yang dirancang dan dibuat oleh Intel, dan diproduksi pada bulan april tahun 1972. 8008 merupakan asli buatan dari Computer Terminal Corporation untuk digunakan pada terminal yang dapat diprogram ulang (programmable terminal) Datapoint 2200, tetapi karena chip terlambat(delivered late) dan tidak memuaskan kemampuannya menurut CTC, sehingga chip tidak digunakan padat 2200. Sebuah kesepakatan antara Intel dan CTC mengijinkan Intel untuk memasarkan kepada pelanggan lain.
Set perintah dari 8008 dan menyusul CPU Intel CISC berdasarkan rancangan milik CTC. The chip (limited by its 18 pin DIP packaging) memiliki single 8-bit bus dan required a very large amount of external logic to support it. Sebagai contoh, Alamat 14-bit , hanya dapat diakses 16 kb dari memory, dibutuhkan untuk latched satu dari logic di dalam external Memory Address Register (MAR). ini dapat mengakses 8 input ports dan 24 output ports.

Versi awalnya dari 8008 berjalan pada 0.5 MHz, lebih lambat 0.8 MHz. Meskipun lebih lambat dalam hal melakukan perintah per detiknya dari 4-bit Intel 4004 and Intel 4040, sebuah fakta bahwa 8008 memproses delapan bit data sekali dan secara signifikan dapat mengakses lebih banyak RAM sesungguhnya memberikan 3 sampai 4 kali kekuatan sebenarnya dari chip 4-bit.

Sangat baik untuk digunakan pada pengontrol dan terminal CRT ( controller and CRT terminal) , tapi hal tersebut terlalu sulit untuk digunakan bagi lain tasks. Kebanyakan design komputer berdasarkan dengan itu, , tetapi yang akan digunakan kemudiannya dan sangat meningkatkan Intel 8080 sebagai gantinya.Perancangnya adalah Marcian “Ted” Hoff, Stan Mazor, Hal Feeney, Federico Faggin