Sejarah World Wide Web

WWW atau World Wide Web. Merupakan sebuah kata yang tidak asing lagi didengar telinga kita. Terutama bagi orang-orang yang sering menggunakan internet untuk jasa komunikasi mereka. Misalnya e-Mail, dan situs-situs pertemanan lainnya.

Penemu website adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertamakali muncul pada tahun 1991. Sejarah Web bermula di European Laboratory for Particle Physics atau lebih dikenal dengan sebutan CERN merupakan singkatan dari bahasa prancis,(European Organization for Nuclear Research). CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa lebih tepatnya, di kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. Dibulan Maret 1989, Maksud dari Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN ketika membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat dia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang.

Sebuah website bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari sebuah organisasi, perusahaan, dan biasanya website itu menujukkan beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah website bisa berisi hyperlink (pranala) yang menghubungkan ke website lain, jadi, kadangkala perbedaan antara website yang dibuat oleh individu perseorangan dengan website yang dibuat oleh organisasi bisnis bisa saja tidak kentara.

Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa komputer pribadi, laptop, PDA ataupun telepon selular.

Sebuah website dibuat didalam sebuah sistem komputer yang dikenal dengan server web, juga disebut HTTP Server, dan pengertian ini juga bisa menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman-halaman yang diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna. Apache adalah piranti lunak yang biasa digunakan dalam sebuah webserver, kemudian setelah itu adalah Microsoft Internet Information Services (IIS).

Sejarah browser

Penjelajah web pertama kali berbasis pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web. Kebanyakan software tersebut dibuat untuk komputer-komputer yang menggunakan Sistem Operasi UNIX, dan belum banyak yang bisa dilakukan oleh pemakai komputer saat itu yang telah menggunakan Windows., seperti halnya Lynx, Lynx kakek besar dari semua web browser yang tersedia saat ini. Merupakan gagasan dari orang-orang di University of Kansas, Lynx menjadi tersedia untuk umum pada tahun 1993, sekitar waktu yang sama browser seperti Mosiac dan Cello dibebaskan. yang populer hingga sekarang, karena memang sistem dengan antarmuka grafis belum umum digunakan pada saat itu. Baru setelah sistem berbasis grafis mulai banyak digunakan, seorang mahasiswa bernama Di bulan Mei 1993, Marc Andressen dan beberapa murid di University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat,  membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Web berbasis grafis pertama yang berjalan di atas sistem operasi Windows dan UNIX (berbasis Motif). Penjelajah web tersebut dinamai Mosaic Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.

Pada tahun 1994, setelah lulus dari universitas, Marc hengkang dari NCSA karena ditawari oleh Jim Clarc, salah seorang petinggi Silicon Graphics Incorporated (SGI), untuk membuat perusahaan dengan nama Mosaic Communication, yang kemudian berubah menjadi Netscape Communication. Marc membuat sebuah penjelajah web populer pertama yang digunakan oleh umum, yang disebut dengan Netscape Navigator. Pada saat pengembangannya, Navigator memiliki nama kode Mozilla. Navigator merupakan penjelajah web komersial, akan tetapi seiring dengan waktu akhirnya Navigator pun menjadi dapat diperoleh secara gratis. Sementara itu, penjelajah web Mosaic yang gratis tidak diteruskan lagi pengembangannya, dan diserahkan kepada NCSA (National Computing for Supercomputer Application). Karena NCSA tidak memiliki izin untuk mengomersialkan produk Mosaic, NCSA akhirnya menjual Mosaic kepada Spyglass, yang akhirnya membuat Mosaic menjadi penjelajah web komersial. Microsoft, yang terlambat turun di pasar penjelajah web, pun membeli lisensi Mosaic dari Spyglass, sehingga pada akhirnya merilis produk penjelajah web-nya, yang disebut sebagai Internet Explorer. Dengan dirilisnya Internet Explorer, muncullah perang besar antara web browser populer, yakni antara Netscape Navigator, dan Microsoft Internet Explorer. Pada awal perkembangannya, sewaktu browser masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar 50 website. Di akhir tahun 1995 jumlah ini telah berkembang mencapai sekitar 300.000 web site. Dan diperkirakan sekarang ini jumalh pemakai Web telah mencapat sekitar 30-an juta pemakai diseluruh dunia.

Macam-macam situs web

Sebuah Website statik, adalah salah satu bentuk website yang isi didalam website tersebut tidak dimaksudkan untuk di update secara berkala, dan biasanya di maintain secara manual oleh beberapa orang yang menggunakan software editor. Ada 3 tipe kategori software editor yang biasa dipakai untuk tujuan maintaining ini, mereka adalah :

  1. Elemen 1 Penyunting teks. Contohnya adalah Notepad atau TextEdit, dimana HTML diubah didalam program editor tersebut.
  2. Elemen 2 WYSIWYG editor. Contohnya Microsoft Frontpage dan Macromedia Dreamweaver, dimana situs di edit menggunakan GUI (Graphical User Interface) dan format HTML ini secara otomatis di generate oleh editor ini.
  3. Elemen 3 Editor yang sudah memiliki templat, contohnya Rapidweaver dan iWeb, dimana, editor ini membolehkan user untuk membuat dan mengupdate websitenya langsung ke server web secara cepat, tanpa harus mengetahui apapun tentang HTML. Mereka dapat memilih templat yang sesuai dengan keinginan mereka, menambah gambar atau obyek, mengisinya dengan tulisan, dan dengan sekejap mereka sudah dapat membuat situs web tanpa harus melihat sama sekali kode-kode HTML.

Sebuah website dynamic adalah website yang secara berkala, informasi didalamnya berubah, atau website ini bisa berhubungan dengan user dengan berbagai macam cara atau metode (HTTP cookies atau Variabel Database, sejarah kunjungan, variabel sesi dan lain-lain) bisa juga dengan cara interaksi langsung menggunakan form dan pergerakan mouse. Ketika web server menerima permintaan dari user untuk memberikan halaman tertentu, maka halaman tersebut akan secara otomatis di ambil dari media penyimpanan sebagai respon dari permintaan yang diminta oleh user. Sebuah situs dapat menampilkan dialog yang sedang berlangsung diantara dua user, memantau perubahan situasi, atau menyediakan informasi yang berkaitan dengan sang user.

Plugin tersedia untuk menambah banyaknya feature dan kemampuan dari web browser, dimana, plugin ini dipakai untuk membuka content yang biasanya berupa cuplikan dari gambar bergerak (active content) contohnya adalah Flash, Shockwave atau applets yang ditulis dalam bahasa JAVA. Dynamic HTML juga menyediakan untuk user supaya dia bisa secara interaktif dan realtime, meng-update di web page tersebut, biasanya perubahan yang dilakukan mereka memakai DOM dan Javascript yang sudah tersedia pada semua Web Browser sekarang ini.

Bahasa Pemograman dan Script di Web

Bagi kita pengguna web jangan hanya jadi pengguna saja tanpa mengetahui program apa saja yang di gunakan untuk membuat sebuah web. Berikut merupakan beberapa bahasa pemrograman yang dibuat untuk membuat sebuah web. Meskipun hanya sebuah rangkuman biasa semoga dapat berguna bagi anda.

HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser. HTML terdiri dari kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Isi dokumen HTML tersebut mirip dengan dokumen teks biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah teks bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu. File HTML berekstensi .htm atau .html.

PHP
Hypertext Preprocessor (PHP) adalah bahasa script pemograman interpreter (tanpa perlu kompilasi) yang diproses secara dinamis dan cepat untuk ditampilkan di web browser. Kebanyakan sintaks PHP dipinjam dari bahasa C, Java dan Perl dengan beberapa kelebihan didalamnya. Untuk menjalankan PHP diperlukan sebuah webserver yang dilengkapi dengan PHP engine. File PHP biasanya berekstensi .php. Pada saat ini pengguna PHP mencapai sekitar 7 juta domain meliputi sekitar 1 juta IP address. PHP berfungsi untuk membuat website yang mempunyai koneksi ke program database populer seperti SQL sehingga pada akhirnya digunakan untuk membuat fasilitas , seperti login, guestbook dan sebagainya jadi PHP dapat membangun halaman webyang dinamis secara cepat dan mudah.  Dukungan script PHP ini dengan menggunakan pemakaian Frontpage, pastikan Frontpage menjadi editor default untuk Script PHP nya.

JSP
JavaServer Pages (JSP) adalah bahasa pemograman berbasis teknologi Java. Seperti bahasa scripting lainnya, JSP juga memproses kode secara interpreter secara cepat. Namun JSP juga dapat dikompilasi menggunakan Java compiler. Teknologi JSP mengijinkan programmer untuk menambahkan kode Java kedalamnya. Untuk menjalankan JSP diperlukan Java Servlets. File JavaServer Pages berekstensi .jsp.

XHTML
Extensible Hypertext Markup Language (XHTML) adalah bahasa pemograman web yang memuat sintaks HTML sekaligus memuat juga sintaks XML. Untuk menjalankan XHTML yang diperlukan adalah sebuah webserver yang mendukung XML module.

ASP
Active Server Pages (ASP) – ASP adalah teknologi yang dikembangkan oleh Microsoft yang dapat memudahkan penulisan aplikasi web. ASP juga dapat ditulis dalam script Visual Basic atau Javascript dan memasukkan kemampuan tambahan agar halaman web menjadi dinamis dan disimpan dengan ekstensi ASP. ASP semula bernama dbWeb, dan dibuat oleh Aspect Software Engineering- merupakan bahasa pemograman web yang dikhususkan berjalan diatas Microsoft Windows yang telah terpasang Internet Information Services (IIS) Server.

Kompatibilitas ASP :

  • Untuk menjalankan IIS, itu harus mempunyai Windows NT 4.0 atau yang lebih baru
  • Untuk menjalankan PWS, itu harus mempunyai Windows 95 atau yang lebih baru
  • ChiliASP dan InstantASP adalah teknologi yang menjalankan ASP tanpa system operasi Windows

CFML
ColdFusion Markup Language (CFML) adalah bahasa script seperti ASP dan PHP yang berjalan diatas ColdFusion server. ColdFusion juga menyertakan CFScript, yaitu sebuah pemograman seperti JavaScript dan ActionScript. ColdFusion dibuat pertama kali oleh Allaire Corporation menggunakan Microsoft Visual C++ yang kemudian diakuisisi oleh Macromedia. Dan terakhir Macromedia pun diakuisi oleh Adobe Systems. ColdFusion berekstensi .cfm atau .cfml.

Ruby
Ruby adalah sebuah bahasa pemograman web dimana si pembuat awal -Yukihiro Matsumoto- menginginkan sebuah bahasa pemograman baru yang lebih canggih dari Perl dan lebih berorientasi objek dibandingkan Python.Beberapa varian Ruby diantaranya adalah Rubinius, Ruby.NET, XRuby, YARV, dan MagLev.

JavaScript
JavaScript adalah bahasa pemograman web bergaya sintaks bahasa C yang biasanya dijalankan bersama-sama dengan bahasa HTML dan mengakses properti Document Object Model (DOM) atau sebagai fungsi eksternal. JavaScript awalnya dibuat oleh Brendan Eich di Netscape dengan nama Mocha, dimana kemudia diberi nama LiveScript, dan akhirnya diberi nama JavaScript setelah ada perjanjian bisnis antara Netscape dan Sun sebagai pertukaran antara Netscape browser yang menyertakan Sun Java runtime. File JavaScript eksternal biasanya berekstensi .js.