Si hijau lucu ini sebenarnya berasal dari bahasa Yunani “andr” yang artinya “laki-laki”, dan “eides” yang berarti “dari spesies; menyerupai.

Kerjasama dengan Android Inc.

Pada Juli 2000, Google bekerjasama dengan Android Inc., perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. Para pendiri Android Inc. bekerja pada Google, di antaranya Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler. versi android terbaru yaitu versi 3.0. Android juga sudah bergabung dengan beberapa smart mobile seperti Nokia, Sony Ericsson, dan lainnya.

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Apa saja Fitur OS Android ?

Masih berlanjut seputar OS Android, berikut fitur-fitur dari OS Android.

Handset layout

Platform disesuaikan dengan lebih besar, VGA, grafik 2D perpustakaan, grafis 3D perpustakaan berdasarkan OpenGL ES 1,0 spesifikasi, dan tata letak smartphone tradisional.

Storage (Penyimpanan)

Software database SQLite digunakan untuk tujuan penyimpanan data

Connectivity (Konektivitas)

Android mendukung teknologi konektivitas termasuk GSM / EDGE, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, dan Wi-Fi.

Messaging (Pesan)

SMS dan MMS tersedia bentuk threaded pesan termasuk pesan teks.

Web browser (Web browser)

Browser web yang tersedia di Android didasarkan pada open source WebKit kerangka aplikasi.

Java support (Dukungan java)

Perangkat lunak yang ditulis di Jawa dapat dikompilasi akan dieksekusi dalam Dalvik mesin virtual, yang merupakan implementasi VM yang dirancang khusus untuk perangkat mobile digunakan, meskipun tidak secara teknis standar Java Virtual Machine.

Media support (Dukungan media)

Android berikut mendukung audio / video / masih format media: H.263, H.264 (dalam 3GP atau MP4 wadah), MPEG-4 SP, AMR, AMR-WB (dalam kontainer 3GP), AAC, HE-AAC (dalam MP4 atau kontainer 3GP), MP3, MIDI, OGG Vorbis, WAV, JPEG, PNG, GIF, BMP.

Additional hardware support (Dukungan hardware tambahan)

Android dapat menggunakan video / still camera, touchscreens, GPS, pengukur kecepatan, magnetometer, akselerasi 2D bitblits (dengan hardware orientasi, scaling, konversi format piksel) dan mempercepat grafis 3D.

Development environment (Lingkungan pengembangan)

Termasuk perangkat emulator, tools untuk debugging, memori dan kinerja profil, sebuah plugin untuk Eclipse IDE.

Market (Pasar)

Mirip dengan App Store pada iPhone OS, yang Android Pasar adalah sebuah katalog aplikasi yang dapat didownload dan diinstal untuk menargetkan hardware over-the-air, tanpa menggunakan PC. Awalnya hanya freeware aplikasi yang didukung. Paid-untuk aplikasi telah tersedia di Pasar Android di Amerika Serikat sejak 19 Februari 2009.

Multi-touch

Android memiliki dukungan asli untuk multi-touch tapi fitur dinonaktifkan pada level kernel (mungkin untuk menghindari Apple melanggar paten pada teknologi layar sentuh). Model tidak resmi telah dikembangkan yang memungkinkan multi-touch, tetapi membutuhkan superuser akses ke perangkat berkedip kernel yang unsigned.

Android telah melihat sejumlah update sejak rilis aslinya. Pembaruan ini ke basis Sistem Operasi biasanya memperbaiki bug dan menambah fitur baru.

Pada tanggal 30 April 2009 resmi 1.5 (Cupcake) update untuk Android dirilis. Ada beberapa fitur baru dan update UI termasuk dalam 1,5 diperbaharui:

  • Kemampuan untuk merekam dan menonton video dengan modus kamera
  • Meng-upload video ke YouTube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon
  • Lembut baru keyboard dengan sebuah “Autocomplete” fitur
  • Kemampuan untuk secara otomatis terhubung ke headset Bluetooth dalam jarak tertentu
  • Widget baru dan folder yang dapat mengisi desktop
  • Animasi antara layar
  • Kemampuan diperluas “copy and paste” untuk memasukkan halaman web

Pada 15 September 2009, 1.6 (Donut) SDK dirilis. Termasuk dalam update adalah:

  • Android Pasar peningkatan pengalaman.
  • Kamera terintegrasi, camcorder, dan galeri antarmuka.
  • Galeri sekarang memungkinkan pengguna untuk memilih beberapa foto untuk dihapus.
  • Diperbarui suara Cari, dengan tanggapan yang lebih cepat dan lebih dalam integrasi dengan aplikasi asli, termasuk kemampuan untuk dial kontak.
  • Diperbarui pengalaman pencarian untuk memungkinkan mencari bookmark, sejarah, kontak, dan web dari layar awal.
  • Diperbarui Teknologi dukungan untuk CDMA / EVDO, 802.1x VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine
  • Kecepatan perbaikan untuk mencari, kamera.

Versi berikutnya tumpukan perangkat lunak harus bernama Eclair (2.0), dan Flan.