Sumber daya manusia yang berkerja pada suatu wirausaha, baik yang kecil maupun wirausaha yang besar mempunyai peran yang besar pada masa depan wirausaha tersebut. Skill dan pengetahuan yang cukup dengan tempat dan apa yang di perdagangkan pada bidang usaha tersebut merupakan salah satu faktor penting dalam pemilihan tenaga kerja. Disinilah kita perlu lebih memperhatikan manajemen dalam penerimaan tenaga kerja.
Penseleksian dapat dilakukan dari mulai jumlah karyawan yang dibutuhkan. Setelah itu membuka lamaran pada wirausaha tersebut. Dan dilanjukan dengan perekrutan tenaga kerja. Pada tahap ini dapat dilakukan persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan yaitu berupa CV, riwayat hidup, dan pengetahuan sosial yang dapat di tentukan oleh wirausaha tersebut.
Setalah dinyatakan lulus seleksi awal, maka calon pegawai diberikan masa uji coba kerja dan pelatihan mengenai bidang kerja yang akan dikerjakannya. Disini ditujukan agar dapat memilih tenaga kerja yang sesuai dengan perusahaan. Setelah itu pegawai yang dinyatakan lulus dalam masa uji coba kerja ini akan diberikan interview mengenai gaji bulanan dan peraturan-peraturan yang berlaku pada perusahaan tersebut.
Pemilihan tenaga kerja sangat penting dalam wirausaha, karena setiap pegawai yang bekerja pada perusahaan tersebut mempunyai peran masing-masing yang saling berhubungan untuk masa depan perusahaan tersebut.

PT. Varion Medika

Perusahaan yang bergerak dalam bidang kesehatan, membangun klinik di daerah bekasi utara pada tahun 2004 dan sampai sekarrang masih berjalan dengan baik. perekruitan tenaga kerja di khususkan untuk para medis saja, hanya beberapa persen saja tenaga kerja dalam klinik yg diambil dari masyarakat sekitar. adapun kontribusi dari klinik untuk masyarakat sekitar seperti kartu peduli sehat, senam jantung sehat dan masih banyak lagi.