worm adalah jenis dari malcde yang sering disebut dengan julukan cacing internet. Worm mampu melakukan penggandaan diri dan menyebar memanfaatkan kelemahan-kelemahan yang terdapat dlam sistem.

Gagasan worm dan virus berawalpada tahun 1949, saat seorang founder Electronci Discrete Variable Automatic Compuetr (EDVAC), John Von Newman, memparkan dalam sebuah papernya yang berjudul “Theory and Organization of Complicated Automata”, dibahas suatu kemungkianan bahwa suatu program dapat mekukan penyebaran dengan sendirinya.

Kemudian pada tahun 1960-an, para peneliti AT&T Laboratory membuat semacam permainan dengan menciptakan suatu program yang dapat memusnahkan program ciptaan alawan, dan mampu bertahan serangab program lawan lainya.

Pada akhirnya si-pemenang adalah pemilik program yang tersisa paling banyak. Para peneliti sadar akan bahay program tersebut, maka setiap selesai permainan program tersebut selalu dimusnahkan.

Cikal bakal program worm pertama kali dibuat oleh Bob Thomas pada tahun 1971. Program ini merupakan solusi dari kebutuhan system kendali lalu lintas udara.

Program ini ini akan membantu mengingatkan operator apabila pengendalian suatu pesawat udara berpindah dari satu komputer ke komputer lainya. Sesungguhnya program yangyang disebut “creeper” ini hanya berpindah dari layar pada jaringan, dengan menampilkan pesan “I’m Creeper! Catch me if you can!”. Tetapi program creeper tida mereproduksi dirinya sendiri, hingga beberapa programmer lain mencoba membuat program serupa, tetapi gagasan tersebut berangsur-angsur hilang dalam beberapa bulan kemudian.

Istilah “virus” mungkin sudah tida asing lagi terdengar, dapat dikatakan hampir setiap orang yang mengenal komputer juga mengenal istilah ini, smentara “worm” tidak begitu dikenal, padahal istilah ini diciptakan oleh John Shoch dan Jon Hupp di Xerox PARC (Palo Alto Research Centre) pada tahun 1979 sebelum istilah virus komputer dipublikasikan.

Istilah worm in ternyata diilhami oleh suatu program tapeworm” (cacing pita) dalam sebuah novel fiksi ilmiah karangan John Brunner yang berjudul “The Shockwave Rider”, yang mnegisahkan pemerintahan totaliter yang mengendalikan warga negaranya melalui sustu jaringan komputer.

worm telah menjadi ancaman terbesar di internet, sebagian besar kasus terjadi pada sistem operasi windows. Worm dengan sendirinya menyebar melalui suatu jaringan dan menggandakan dirinya.Beberapa jenis worm memanfaatkan e-mail sebagai saran untuk penginfeksiannya. Berdasarkan analisis, bahwa bagian web server yang terkena serangan worm akan menyebar secara berlipat ganda setiap waktu.