Apa sih CISCO SYSTEM ??

Cisco pertama dikembangkan oleh eks-staff di Universitas Stanford pada tahun 1980-81 oleh Leonard Bosack dan Sandy K. Lerner. Dengan menggunakan komputer Alto dan Ethernet card produksi Xerox PARC yg diberikan pada Universitas Stanford, yang awalnya hanya untuk keperluan ilmiah dan pendidikan. dan digunakan untuk riset sehingga komputer dalam universitas stanford dapat salaing berkomunikasi. namun, kedua orang tadi menginvetasikan dana pribadi mereka dan mengembangkan multiprotokol router yg ditempatkan pada perngkat seperti PC dan diberi label CISCO.

Setiap perangkat Cisco khususnya router dan beberapa jenis switch bersifat seperti PC terdapat sistem operasi untuk mengoprasikan perangkat ini, dikenal dengan IOS tp bukan IOS yang dipake sama apple yaaa.. ingat!!!

Ada ngga sih tempat buat belajar cisco system ?

untuk belajar cisco system di Indonesia udah banyak tempatnya, tinggal tanya mbah google aja (kalo ane sih di NetCampus, NetCampus pake nama Universitas Pancasila untuk Akademi Cisco-nya, bagus ngga nya kan tergantung orang mau belajar apa ngga😀 ). untuk akademi-nya sendiri dinamai CNAP (Cisco Networking Academy Programme) yang awalnya berjalan 1-2 tahun sekarang diringkas cuma 3-9 bulan, dengan menempuh 4 semester. awalnya untuk CNAP diarahkan untuk mendapatkan sertifikasi CCNA (Cisco Certified Network Associate), yg merupakan sertifikat pemula bagi seorang network engineer yg minat terhadap Cisco System.

Selain CCNA ada lagi ngga sertifikasi untuk Cisco System?

ada, masih ada jenjang CCNP dan CCIE, di CCNA sendiri hanya untuk Routing dan Switching aja. klo udah jago buat R&S nya bisa lanjut ke Cisco VOiP, Security atau Data Centre.  kalo jelasin disini panjang lebar banyak bro. sekali lagi ada mbah google :p

Selain Cisco System apa lagi?

untuk sekarang ini perusahan banyak minta untuk Cisco, MikroTik dan Juniper. lo pada minat ke mana nih? gue sih untuk saat ini masih minat ke Cisco sama sedikit campur tangan MikroTik. saran ane jangan ambil tiga”nya, ntar ptuh pala keluar asep loh kaya router gosong. hahaha.